Informasi PPDB SMP N 24 Semarang
Oleh : admin24 ( 22-06-2018 )

Informasi Pendaftaran


INFORMASI PENDAFTARAN CALON PESERTA DIDIKSMP NEGERI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


1.PENDAFTARAN  ONLINE MANDIRI 

Tanggal:7 - 9 Juli 2018 Waktu:24 Jam (hari pertama mulai pukul 14.00 WIB) Tempat:Bebas (komputer terhubung Internet) 

Persyaratan :

1. Foto copy akte kelahiran dengan batas usia paling tinggi 15 (lima belas) tahun pada awal tahun pelajaran baru. 

2. Foto copy ijazah SD atau bentuk lain yang sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SD/ijazah Program Paket A/Ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SD. 

3. Foto copy SHUSBN SD atau bentuk lain yang sederajat. 

4. Foto copy Kartu Keluarga terhitung paling sedikit 6 (enam) bulan tinggal di Kota Semarang sebelum pelaksanaan PPDB. 

5. Membawa piagam prestasi tertinggi yang dimiliki dan sesuai kriteria yang ditetapkan. 

6. Surat keterangan anak guru yang diterbitkan oleh kepala sekolah dari guru yang bersangkutan bertugas. 

7. Surat keterangan peserta didik yang berkebutuhan khusus dalam zona terdekat dari dokter dan/atau diasesmen (mendapatkan penilaian) psikolog profesional. 

Cara  Pendaftaran Daring:Baca di Panduan Pengisian Formulir Pendaftaran di https://ppd.semarangkota.go.id/smp 

Dokumen  yang disiapkan:

1.Kartu Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

2.Kartu Peserta Ujian Sekolah (KPUS).

3.Kartu Keluarga (KK).

4.SHUS atau Surat Keterangan Lulus atau SKHUS

5.Piagam Penghargaan atau Sertifikat kejuaraan, jika ada. 

Dokumen yang dihasilkan:

1.Cetakan (print out) FORMULIR PENDAFTARAN.

2.Cetakan (print out) FORMULIR DAFTAR PERIKSA DOKUMEN PENDAFTARAN.

3.Cetakan (print out) SURAT PERNYATAAN KEBENARAN DATA.    

Catatan:

1.Anda diwajibkan untuk mengingat (mencatat) kata sandi Anda, karena diperlukan pada saat Anda akan melakukan perbaikan data dan atau mencetak dokumen hasil pendaftaran melalui menu SUNTING/CETAK.

2.Perbaikan data dan atau pencetakan dokumen hasil pendaftaran melalui menu SUNTING/CETAK hanya dapat dilakukan selama data Anda belum diverifikasikan ke sekolah.

3.Hasil pendaftaran Anda dapat dilihat melalui menu REKAPITULASI PENDAFTARAN.

4.Apabila Anda melakukan perubahan (sunting) data, maka Anda diharuskan mencetak kembali FORMULIR PENDAFTARAN, FORMULIR DAFTAR PERIKSA DOKUMEN PENDAFTARAN dan SURAT PERNYATAAN KEBENARAN DATA.        

2.VERIFIKASI DATA PENDAFTARAN 

Tanggal:9 - 10 Juli 2018 Pukul:08.00 – 13.00 WIB Tempat:Sekolah Pilihan 1 Tata Cara Verifikasi:Ikuti sesuai alur yang dipersiapkan sekolah masing-masing Dokumen yang dibawa 

1.Foto berwarna/hitam putih terbaru ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.

2.Cetakan (print out) FORMULIR PENDAFTARAN yang telah ditandatangani.

3.Cetakan (print out) FORMULIR DAFTAR PERIKSA DOKUMEN PENDAFTARAN.

4.Cetakan (print out) SURAT PERNYATAAN KEBENARAN DATA bermaterai 6000 yang telah ditandatangani   

5.Foto copy Kartu Keluarga (KK) sebanyak 2 lembar dan menunjukkan aslinya.

6.Foto copy SHUSBN SD atau bentuk lain yang sederajat.

7.Membawa piagam prestasi tertinggi yang dimiliki dan sesuai kriteria yang ditetapkan.

8.Surat keterangan anak guru yang diterbitkan oleh kepala sekolah dari guru yang bersangkutan bertugas.

9.Surat keterangan peserta didik yang berkebutuhan khusus dalam zona terdekat dari dokter dan/atau diasesmen (mendapatkan penilaian) psikolog profesional.


Dokumen yang dihasilkan:

Cetakan (print out) BUKTI PENDAFTARAN yang sudah disahkan oleh panitia PPD sekolah.    

Catatan:

1.Pendaftaran dinyatakan sah apabila data telah diverifikasi oleh panitia PPD sekolah pilihan 1 dibuktikan dengan diterbitkannya BUKTI PENDAFTARAN oleh panitia dan muncul tanggal dan waktu verifikasi di menu REKAPITULASI PENDAFTARAN.   

2.Setelah data disahkan oleh panitia PPD sekolah, maka Anda sudah tidak dapat melakukan perbaikan data lagi secara daring (online).   

3.Data pendaftaran yang tidak dilakukan verifikasi ke sekolah pilihan 1  tidak diproses dalam pemeringkatan.   

4.Selama masa pendaftaran masih berlangsung, walaupun data telah diverifikasi, Anda masih dapat melakukan pindah sekolah dengan cara datang ke sekolah pendaftar sebelumnya untuk melakukan CABUT BERKAS. Untuk mendaftar kembali, silakan buka menu SUNTING/CETAK di website PPD Kota Semarang.   

3.PENCABUTAN BERKAS PENDAFTARAN 

Tanggal :9 - 10 Juli 2018   Pukul :08.00 - 14.00 WIB (hari terakhir sampai pukul 10.00 WIB).   Tempat :Sekolah Pilihan 1   Dokumen yang dibawa :BUKTI PENDAFTARAN yang disahkan oleh panitia PPD sekolah.
  Dokumen yang didapatkan

1. Cetakan (print out) BUKTI PENCABUTAN BERKAS yang telah disahkan oleh panitia PPD sekolah. 

2. Surat Hasil Ujian Sekolah (SHUS) atau Surat Keterangan Lulus (SKT) atau SKHUS (Surat Keterangan Hasil Ujian Sekolah).

3. Foto copy Piagam Penghargaan yang dilegalisir (jika ada).

4. Surat keterangan anak guru yang diterbitkan oleh kepala sekolah dari guru yang bersangkutan bertugas.  5. Surat keterangan peserta didik yang berkebutuhan khusus dalam zona terdekat dari dokter dan/atau diasesmen (mendapatkan penilaian) psikolog profesional.    

Catatan :

1. Setelah Berkas Pendaftaran dicabut, maka data pendaftar sudah tidak muncul lagi pada menu  REKAPITULASI PENDAFTARAN dan JURNAL PENDAFTARAN 

2. Anda dapat melakukan pendaftaran online lagi selama masa pendaftaran masih berlangsung seperti saat awal Anda mendaftar dan dilanjutkan proses verifikasi pendaftaran di sekolah pilihan 1. 

3. Setelah masa pendaftaran selesai sebelum pengumuman hasil seleksi, pencabutan berkas pendaftaran tidak bisa dilakukan lagi dengan alasan apapun. 

4. Pencabutan berkas setelah masa pendaftaran selesai karena mengundurkan diri atau tidak diterima dapat dilakukan setelah hasil seleksi PPD diumumkan pada tanggal dan waktu yang telah ditetapkan secara resmi oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang.